Sabtu, 08 Juni 2013

Tegur Sapa 14 : Jawaban Doa


 
Baca                          :
I Korintus 2 : 9         
Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."

            Suatu kali di tengah siang hari yang panas, sepeda motor yang saya kendarai tiba-tiba berhenti. Saya segera menyadari bahwa yang saya alami adalah kehabisan bensin. Saya lupa mengisinya di hari kemarin, sementara pagi sampai jam itu saya sedang mengangkut sebuah barang yang terikat di jok sepeda motor. Saya kesulitan untuk membongkarnya sebelum saya mengirimkan barang tersebut melalui sebuah jasa pengiriman barang.

            Saat itu saya berhenti di depan lokasi Kebun Binatang Surabaya. Saya segera menuntun sepeda motor menuju jl. Setail dengan harapan akan ada penjual bensin eceran, karena memang jauh dari SPBU. Ternyata tidak saya temui pedagang bensin eceran yang saya cari. Demikian halnya ketika saya melanjutkan langkah menuntun sepeda motor melintasi jl. Ciliwung hingga daerah Kodam V/Brawijaya. Di perempatan lampu merah saya belok kiri melintasi sebuah kampung, masih juga tidak saya temui pedagang bensin eceran. Saya berjalan dengan kondisi lelah, sementara sepeda motor yang saya tuntun bermuatan barang yang tidak mudah untuk dibawa.

 Tidak saya duga, ternyata jalan yang saya tempuh pada ujungnya merupakan sebuah jalan besar yaitu jl. Joyoboyo, yang tepat di lokasi tersebut terdapat sebuah SPBU alias pom bensin. Dengan kata lain, saya tidak membutuhkan bensin eceran lagi namun bisa mengisi bahan bakar premium dengan leluas. Sayasegera melepaskan ikatan barang tersebut, mengisikan bensin pada sepeda motor saya. Selanjutnya saya bisa segera melanjutkan perjalanan dengan tenang untuk mengirimkan paket barang yang saya bawa.

Pernahkah kita mengalami situasi yang cukup pelik dalam kehidupan kita ? Ketika saja persediaan keuangan keluarga makin menipis, pekerjaan yang kita tunggu tak juga menghampiri kita, pasangan hidup yang kita harapkan tak juga jelas menunjukkan sosoknya. Contoh masalah yang saya alami sebagai ilustrasi mungkin terlalu sederhana, sementara problema kehidupan yang kita jalani terlalu kompleks. Pasangan yang sudah menikah beberapa waktu tak juga kunjung diberi keturunan, hasil ujian sekolah tidak sesuai bayangan yang diimpikan, atau tiba-tiba saja kita mengalami musibah yang tidak pernah kita duga.

Saya yakin kita sudah berdoa beberapa lama. Berharap pada Tuhan sudah sekian waktu. Namun rasanya kok tidak kunjung ada jawaban dari Tuhan. Bila hal itu terjadi pada kita, saya hanya mampu menyampaikan jangan pernah berhenti untuk berdoa. Jangan pernah lelah untuk mengucapkan syukurmu. Jangan pernah tinggalkan harapanmu kepada Tuhan. Saya yakin dan percaya,Tuhan Yesus yang sangat baik pasti memberikan yang terbaik untuk hidup kita. Masalahnya adalah yang terbaik menurut Tuhan sering kali beda dengan apa yang kita bayangkan.

Sebagaimana kita ketahui, jawaban doa dari Tuhan ada tiga macam. Ya, tidak dan tunggu. Bisa saja kita mendapatkan sesuai apa yang kita doakan bila memang hal itu seperti yang Tuhan kehendaki. Atau mungkin juga jawaban itu berupa tidak. Tidak juga merupakan jawaban doa dari Tuhan. Kita tidak perlu risau bila mendapatkan jawaban doa tersebut. Bila saja ternyata Tuhan tidak menghendaki pasangan yang kita idamkan. Mungkin ada orang lain yang Tuhan sediakan lebih baik dari yang sedang kita doakan. Bisa saja Tuhan punya rencana lain bila ternyata pekerjaan yang kita incar ternyata bukan seperti yang Tuhan mau. Bahkan bila jawaban doa dari Tuhan itu berupa tunggu, ada baiknya kita menantikan dengan tekun waktu Tuhan terjadi atas hidup kita.

Tidak ada hal buruk Tuhan rancangkan untuk terjadi dalam hidup kita. Hanya saja kita yang belum mengerti maksud Tuhan di dalamnya. Ketika kita berdoa dengan tekun, saya yakin Tuhan sudah menyediakan yang terbaik untuk kita. Mungkin banyak liku hidup yang harus kita lalui, namun percayalah bahwa ujungnya dalah rencana Tuhan yang sempurna. Bahkan ketika kita sampai pada ujung permasalahan yang sedang kita pergumulkan, kita dengan penuh rasa syukur akan berkata sebagaimana ayat firman Tuhan yang tertulis di atas. Secara ringkas ayat firman Tuhan tersebut menyatakan bahwa ternyata Tuhan menyediakan lebih baik dan lebih indah dari yang kita harapkan selama ini.
Mari kita menjalani hidup di hari ini dengan penuh keyakinan bahwa Tuhan pasti menjawab doa kita dengan sempurna. Sesuai dengan waktu dan cara Tuhan. Selanjutnya, pahami kebaikan Tuhan di balik semua hal yang sedang kita alami saat ini. 

Selamat pagi, Tuhan Yesus memberkati.

Dituliskan pada  : 5 Juni 2013                        

( Okky T. Rahardjo, 085645705091 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar