Sabtu, 08 Juni 2013

Tegur Sapa 07 : Cek Up Kesehatan Rohani


Baca : III Yohanes 1 : 2 :
Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja

Sebagian dari kita pernah memeriksakan kondisi kesehatan baik sebagian maupun keseluruhan atau yang biasa disebut dengan check up. Saat itu kita akan mengalami dideteksi kekurangan apa yang ada pada kes.ehatan kita. Apakah gula darah kita normal, kolesterol stabil dan lain sebagainya. Apabila terdapat kekurangan, maka segera kita dapat mengantisipasinya. Hal itu yang sering disebut sebagai deteksi dini.

                Sebagian dari kita mungkin akan merasa cuek dengan hasil pemeriksaan tersebut dan sebagian lagi merasa waspada sehingga melakukan pengobatan sebaik mungkin. Apa pun yang bisa dilakukan segera dilakukan supaya tidak terjangkit penyakit yang memperparah kesehatan kita.

                Demikian juga dengan kondisi kesehatan rohani kita, apakah kita pernah melakukan pemeriksaan dengan baik ? kesehatan rohani kita perlu kita deteksi sebaik mungkin supaya kita dapat mengantisipasi hal yang lebih parah, supaya tidak menimpa dalam kehidupan kita. Bagaimana cara mendeteksi kesehatan rohani kita ? mari kita periksa, adakah sakit hati, kecewa dan mudah salah paham menjangkit dalam hati kita ? Adakah kita mudah menyerah dan putus asa ? Adakah hari-hari ini perkataan yang kita keluarkan seringkali kasar, kotor dan menyakitkan hati orang lain ? Atau kita mudah berbuat sesuatu yang cenderung membawa kita pada dosa ?

                Ketika indikasi-indikasi tersebut sempat terlintas dalam hati kita, itu tanda bahwa kondisi kesehatan rohani kita kurang sehat. Mari kita selesaikan gejala-gejala tersebut dengan sujud di bawah kaki Tuhan. Saya percaya, Tuhan Yesus Sang Tabib Ajaib itu mampu menyembuhkan segala kelemahan kita. Bukankah Dia yang kita sembah, mampu menyembuhkan bukan hanya penyakit fisik, namun sampai jauh kedalaman hati kita.

           Cek kondisi hati kita menggunakan indikator yang tak pernah berubah yaitu firman Tuhan. Ketika kita mendapati tanda kritis, bawalah kepada Tuhan di dalam doa. Minta ampun kepada Tuhan ketika kita mendapati diri kita ternyata bersalah. Ampuni juga setiap orang yang membuat hati kita terluka.

                Kerendahan hati adalah tes ukur untuk menyelesaikan penyakit di dalam rohani kita.

                Selamat pagi, Tuhan Yesus memberkati.
            Dituliskan pada           : 23 Mei 2013
            ( Okky T. Rahardjo, 085645705091 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar