Minggu, 06 Juli 2014

Tegur Sapa 34 : Jangan Menukar Imanmu





Baca    :
Yakobus 1 : 17 :
(17) Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.

Pernahkah kita membayar dengan uang yang awalnya cetakan bagus, namun menerima kembalian berupa uang yang bentuknya lebih jelek ? Bagaimana perasaan kita bila mengalaminya, tentu akan kesal dan kecewa. Saya pernah pula mengalami ketika membayar dengan uang nominal lima puluh ribu yang masih terlihat bagus. Lalu saya menerima kembalian sejumlah uang yang terlihat kumal, lusuh dan bahkan ada yang seperti ditambal alat perekat.

Nilai tukar seringkali mengecewakan dan tidak pernah sebaik nilai utuhnya. Pernah jugakah kita mendapatkan kembalian yang seharusnya berupa uang, malah kita menerima sejumlah permen. Pada beberapa film perang, sering pula kita melihat seorang perwira yang disandera ditukar dengan sejumlah belasan tawanan perang. Nilai tukar sepertinya tidak adil dan tidak sebanding.

Bagaimana jadinya bila nilai-nilai firman Tuhan yang sempurna dan utuh itu ditukar dengan gaya hidup yang semaunya. Kekudusan ditukar dengan kecemaran. Ketaatan ditukar dengan pemberontakan. Kasih ditukar dengan kebencian. Iman ditukar dengan kekuatiran. Serta beberapa hal lain lagi. Seringkali tanpa kita sadari, kita menukar standar hidup yang sesuai firman Tuhan dengan semaunya kita sendiri.

Ada beberapa contoh pribadi dalam Alkitab yang menukar sesuatu yang Ilahi itu dengan yang sifatnya sementara dan semaunya. Simson menukar standar kekudusan yang dia miliki dengan pergaulan yang semaunya. Daud menukar waktu untuk berperang dengan menikmati dosa. Petrus menukar kesetiaan sebagai pengikut Yesus dengan rasa aman di tengah orang yang mengelilinginya. Yudas Iskariot pun menukar Tuhan Yesus dengan sejumlah uang.

Hari ini, mari kita periksa kembali kehidupan kita. Adakah nilai firman Tuhan itu tetap utuh menjelma dalam kehidupan kita. Ataukah yang terjadi kita sudah menukarnya dengan gaya hidup yang mengarah pada dosa ? Jangan pernah menukar Tuhan Yesus dengan apa dan siapa pun. Bukankah Dia sudah memberikan yang terbaik dalam hidup kita. 

Selamat mengalami kehidupan yang utuh dengan menjadi pelaku firman Tuhan secara benar. Tuhan Yesus memberkati.

( Okky T. Rahardjo, 085645705091 )

sumber gambar : widawati18.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar